Pages

June 23, 2009

Lesson for today

Carilah informasi pada orang yang benar!

That's right! Maksudnya orang yang benar gimana? Ya klo mau nanya soal kesehatan, tanyalah pada dokter. Kalau mau bikin usaha, carilah seorang wirausahawan. Dan jika ingin jadi pemimpin, bertanyalah pada pemimpin.

The problem is... sometime you don't know what's the different between a leader and a boss.

Ya! Ada perbedaan mendasar antara bos/manajer dan pemimpin. Manager is someone who do the things right, but a leader is someone who do the right things. Ketika seorang manajer bertugas mengawasi, jadi time keeper agar seluruh pekerjaan terkerjakan dengan baik oleh anak buahnya, seorang pemimpin memikirkan strategi apa dan aktifitas apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan.

Sebagai seseorang yang sering terlibat di kepanitiaan ini itu yang sifatnya sukarela alias ga pake bayaran materi walaupun gw yakin upahku besar di skill...(hyuk) kadang kala gw melihat adanya miskonsepsi tentang posisi ketua. Terkadang juga, seseorang membuat konsepnya sendiri akan ketua berdasarkan jabatan manajer di perusahaan sehingga gw melihat kecenderungan tingkah laku 'bos' instead 'leader'.

Seorang bos (menurut gw) akan bersikap "semua harus beres", dan yang membereskannya semua adalah anak buahnya. Si bos sendiri hanya berdiri di pinggir dan mengamati sambil nunjuk2.

Sedangkan yang mimpin akan bersikap "mari kita kerjakan bersama-sama biar beres semuanya". Dia tidak akan segan untuk langsung turun tangan untuk menangani masalah sepele apapun jika memang itu perlu. contohlah pemilik restoran yang anak buahnya ada yang sakit. Agar dapat mencapai target hari itu dengan anak buah yang jumlahnya berkurang, si pemilik restoran tidak akan segan-segan untuk ikut bantu-bantu anak buahnya yang lain untuk cuci piring, ngepel, ngelap meja jika memang diperlukan untuk mencapai target yang baik.

Yah... that's a lesson for today

No comments: