Pages

July 14, 2005

Exactly a year ago....(part 3)

My 1st morning in Bremen.
Ini dia ETAP hotel....tempat kita nginep. Untungnya punya duit, kalo ga punya duit kali kita nginepnya di ATAP hotel (wuahahaha). Enak juga tempatnya... bawahnya beralaskan karpet semua (standar sih), trus wastafelnya ada di pojok deket jendela. Di bawah jendela ada pemanas (biasanya dipake buat jemur cucian). Diseberang wastafel dibikin tv. Tempat tidurnya bertingkat dengan posisi bersilangan. Yang dibawah lebih luas dari pada yang di atas (gw tidur di atas, ka Rino di kasur bawah). Dikasih tempat sampah juga berbentuk silinder dialas ama plastik bening. Sama kak Rino plastiknya diambil n ditaro begitu saja dilantai n tempat sampahnya dijadiin ember buat ngerendem baju kotor. Cerdik yah ;). Gw sendiri tidak berniat nyuci2 baju, tapi apa mau dikata klo ga salah besoknya gw dapet n gw bete banget. Bayangkan...baru aja nyampe, trus terpaksa deh cuci-cuci. Damn!Kamar mandinya kecil aja (sekitar kurang dari 1,5 x 1,5 meter) dibagi 2 (disekat setengah) buat shower ama yang ada klosetnya. Kalo mau masuk kamar kita buka pintu pake kode yang dimasukin ke konci digital gitu deh.
Di wastafel digantung 2 handuk kecil n di tempat tidur ditaro 2 handuk gede. Semuanya warnanya putih bersih n diganti tiap hari ketika kamarnya diberesin. Tapi kita ga dapet sikat gigi, odol, n sabun. Cuman gelas doank yang ada. Kayaknya sih gara2 murah (nawon).
Penampakan dalemnya seperti foto-foto ini...


Begitulah suasananya di pagi hari dengan anak2 psm yang banyak dan pada ribut. Kita pada bangun subuh gitu, mandi, n sarapan di ruang makan hotelnya yang amat mungil sehingga kudu dibagi 2 kloter yang makan biar muat n yang udah makan kudu langsung keluar ruang makan. Makanannya yang ada roti2an n sereal gitu deh...tapi tentu saja dengan keju2, mentega2, selai2, dan pasta babi yang beraneka macam. Belon lagi ada berbagai macam teh yang dia sediakan berikut susu, kopi, n orange juice. Semua boleh lu makan sebanyak2nya yang lu mampu asal jangan dibawa keluar ruang makan itu...tapi tetep...pada bandel...rotinya enak sih...asal ga ketahuan bo! hahaha....Btw, gw baru tau waktu sarapan kalo smua channel ditvnya setelah jam 10 malem tayangannya bokep semua....>:D.

Kita naek bis dari hotel ke CO Center. Inilah sebagian Bremen yang kita lewati...
& jijiknya, sejauh mata memandang mobil2 yang terlihat tuh hanya BMW, Mercedez, VW, Renault, n mobil2 eropa lainnya. Ga ada mobil yg penyok2. Sejauh mata memandang...yang terlihat hanya kilauan cat mobil yg masih mengkilap seakan baru keluar dari showroom. Damn! (ngiri :D).
Inilah keluasan dari sebagian parkiran CO Center n daerah diseberangnya.

Dari CO Center kita pergi ke daerah Market Squarenya (Marktplaz) buat city tour (city tour....? cuman daerah balai kotanya doank kok). Melihat2 kota Bremen...Itu dia bis dan trem di bremen. Bis yang warna putih, trem yang warnanya krem & merah (warnanya macem2 lho btw). Di daerah pusat marktplaz ini tidak boleh masuk mobil n bis (jalannya jg tak diaspal bow!), tp trem tetep lewat n dibikin sekitar 2 halte di daerah marktplaz itu. Bedanya paling cuman kayak dari perpus ke daerah campus center depan (kalo ga salah).

Inilah daerah marketsquare itu. Kalo hari biasa sepi...tapi kalo udah hari libur...RUAME BUANGET BO!. Marktplaz ini lapangan yang dikelilingi ama gedung2 tua. Disitu juga dibikin panggung khusus oleh panitia CO untuk penampilan peserta di friendship concert.

Kalo mau liat keseluruhan daerah market square ini, buka aja http://www.bremen-tourism.de/.

Kita memulai city tournya dengan liat patung roland. Katanya patung ini dan rathausnya (gedung yang atapnya hijau di foto yg ada gwnya, ada di kiri patung ataw dikanan patung kalo diliat dari sisi kita) merupakan nominasi untuk world heritage status dimana melambangkan Bremen sebagai self-governing/free city sejak abad ke 9.

Kita juga masuk ke gang-gang yang ada di sana. Tapi bersih2 lho gangnya. Justru disitu tempat2 yg asiknya.

Kita dibagi 2 rombongan. Rombongan gw masuk ke St. Petri Cathedral sebelon jam kunjungan umum (lady tour guidenya gw keren deh :D). Trus kita sempet nyanyi donk disana. Nyanyi Il Bianco E Dolce Cigno.
Ga lupa kita mengunjungi "Pemusik Kota Bremen" (Bremer Stadtmusikanten) yang merupakan lambang kotanya dari dongeng itu...tau kan?!


Kita juga ke daerah Schnoor....gang2 yang dipenuhi toko2 souvenir kecil tapi isinya ga kuku bo!


Aduh...maaf yah kalo ga ada gwnya di foto2 itu...abis gw pake yang manual...kamera digital gw dipake buat moto gedung karena tak terlalu bagus resolusinya (biasa gratisan :p).
Diakhir city tour kita balik lagi ke daerah market square karena disitu Glockenya. Kita ke Glocke buat UCP kategori Mixed Chamber Choir.
Seudah UCP kita ke CO Center lagi buat makan siang di Halle 4-nya yang merupakan ruang makan yang suangat besar. Kita ke CO Centernya naek bis umum, bukan sewaan, n cuman sampe Hauptbahnhof (stasiun pusat). Jadi kita kudu masuk ke gedung yg ada di foto itu...terus jalan sampe ujungnya yang satu lagi dan ujungnya yang satu lagi itu ada dikawasan sebrangnya CO Center. Dari sana kita masih harus menyebrangi lagi parkiran CO Center secara diagonal...n
itu cuape buanget man! Berapa kalinya itb depan belakang yah itu. Tapi gara2 iklimnya juga ga kayak di bandung...jadi tahan lah yah. Btw disitu bersih banget yah...(pengaruh iklim juga kali yah). Sepatu seminggu dipake tuh kotornya sama ama dipake beberapa jam di Bandung. Udaranya bersih...tak gampang keringatan...jadinya gw juga ga jerawatan :D.

Di Halle 4 dibikin panggung juga buat ps konser persahabatan n ada screen yang ngasih tau juara2 dari tiap kategori yang udah ada n finalis2 buat kategori2 yang belon final.

Habis makan kita latihan. Kita dapet jatah 2 jam make suatu ruangan buat latihan krn kita ikut 2 kategori. Waktu latian, tante Aida Swenson sempet dateng ngeliatin kita. Trus dia ngangguk2 gitu bari senyum2 dan 15 menit kemudian beliau meninggalkan ruangan.

Abis latian gw ama Alfie ke Halle 7 mau liat penyisihan Popular Choir Music karena ada Elfa's Big Band Voices ikutan. Sbenernya sih bukan mau liat Elfanya...tapi kali aja ketemu si Mario (kahitna) a.k.a Marjoai n Reza.
Waktu lagi jeda antar paduan suara n pintunya dibuka masuklah kita...lalu mencari-cari tempat duduk yang enak. Btw Halle 7 itu yah sama sekali bukan ruangan buat nyanyi paduan suara asli gitu lah. Kayak GOR gitu...jadi lu kalo nyanyi emang kudu pake sound system. Makanya disitu buat yang kayak popular n folklore. Beda banget ama Glocke...akustiknya...alamak...si Mas Indra aja kegirangan sendiri n nyanyi2 sangking senengnya. Jadi kalo lu nyanyi suaranya udah ngeblend dulu dr panggung n kelempar ke penonton dah nyatu...kueren!

Nah waktu nyari tempat duduk itu tiba2 ada yang manggil dengan fortenya alias teriak: "MARINA", setelah celingukan...gw liatlah siapa yang manggil...ternyata org yg dicari...si Mario. Jd gw nyamperin dia ama si Alfie. Ada si Reza lagi cengengesan seperti biasa. Jadi deh kita nonton bari ngobrol. He...he...mayan...ketemu2 di Bremen :p. Terakhir ketemu si Mario sebelon itu teh kapan yah? Oh waktu Desember 2003 lagi makan di ayam bakar taman sari. Ketemu si Reza terakhir oktober kemaren. Inilah foto mereka bedua (huahaha si mario lagi jelek)


Abis nonton penyisihan itu kita makan malam di Halle 4 trus ke Halle 5 buat nonton Choral Fireworks (Opening Ceremony Part II tepatnya karena ga ada fireworks kok) jam 8 malem...yang tetep waktu itu sih masih kayak jam 5 sore.

Abis itu kita pulang ke hotel. Waktu mau balik, di lobby Halle 4-nya ada Olly (maskotnya CO), trus fotoan dulu donk :D.

No comments: