Pages

July 15, 2005

Exactly a year ago....(part 4)

Setahun yang lalu setelah sarapan di hotel kita pergi ke Bremer Tabakborse yang jauh banget dari hotel kita (hotel di pinggiran selatan Bremen, n Tabakborse itu di pinggiran barat lautnya) n perlu ganti bis & trem (dr Borgwardstr. ke Georg-Bitterstr. trus ke Hansator naek bis terus). Kebetulan hari itu kita pergi ga pake bis sewaan, jadi kudu pake bis umum. Tiket bis/trem n nametag peserta CO udah dibagiin dari kemaren.Sehari sebelumnya kita sempet panik juga karena ga tau mau latihan dimana n di hotel ternyata ga bisa. Untungnya kita dapet tempat di Bremer Tabakborse tadi yang merupakan pusat tembakau punya Indonesia (kalo ga salah :p). So kita latihan diruang makannya yang kecil (kayak latihan di 9013 gedean dikit lah).

Dari hotel kita kudu jalan dulu ke perempatan Bogwardstrasse krn disitu halte bisnya. Dalam perjalanan dari hotel ke perempatan (yang mayan deket itu) ada showroom BMW, Audi, n VW (damn!). Btw...mudah2an di foto2 ini si Fery ga terlalu keliatan, karena gw ga rela dia yang nampang....(huahahaha)

Jijik banget lah :p. Di perempatan itu dibikin 3 mesin kondom dengan berbagai harga dan macam, salah satunya ada di sebelah halte.
Sistem transportasi umum disana bagus banget, jadi kalo jadi backpacker jg ga takut nyasar deh. Di jalan yang 2 arah tiap sisi ada haltenya & di papannya dikasih tau bis/trem nomer berapa yg lewat n mau ke arah mana. Di tiap halte juga dipasang peta rute seluruh bis/trem di bremen dengan nomer n jam tiba/perginya di tiap halte yg ada. Peta rute itu juga bisa aja lu minta di stasiun pusatnya for free. Bahkan di beberapa halte jalan utama, dipasang juga papan elektronik buat countdown kedatangan bis/trem (4 menit lagi bis datang....3 menit lagi...2...1...0...lho mana? oh itu dia...telat 30 detik tho! wahahaha...ga mungkin banget keitung ampe detik). N lu bisa pesen tiketnya dengan paket yang macem2. Bisa buat seminggu atau sehari...tergantung perlunya aja.Kalau bis/tremnya datang n pintunya ga kebuka, pencet aja tombol di pintunya. Kalau mau turun, pencet tombol yang ada di tiang2 di dalem trem/bis pas udah deket halte yg dituju.

Dari haltenya (Hansator) kita masih jalan lagi lumayan ke Tabakborsenya itu...ada pemandangan lain lah yang lebih terpapar matahari krn jalan sekitaran situ ga banyak pohon. Udah itu kita latihan di ruang makan Tabakborsenya dengan terlebih dahulu ngegeser2 meja dan korsi. Btw, walaupun udah summer tapi suhu di Bremen waktu itu masih dingin banget. Siangnya anginnya sejuk kayak di puncak, jadi kita pada pake syal semua.
Habis latihan kita ke naek trem dari Hansator ke daerah market square lagi. Disitu ada 2 halte (Am Brill atau Domsheide) dari situ naek bis ke Hauptbahnhof. Kita ke CO Center buat makan siang. Btw makanan yang ada di CO Center itu disiapkan oleh kateringannya untuk ribuan orang. Kita dikasih kupon tiap mau makan yang ditukerin ama makanannya n 1 minuman. Makanannya biasanya daging (beef/lamb/chicken/fish/pork) n milih salah satu trus ada kentang (rebus/panggang), sayur (biasanya buncis atau brokoli), n tak ada rasa. Bumbu yang disediakan cuman merica n garam. Minuman boleh milih antara cola, air mineral (tapi yang sparkling), n lupa lagi ada apa aja. Untungnya kita emang udah bekel saos atau sambel. Malah ada yang bekel teri, abon, dll. Anak UKM sendiri bekel rendang + bawa beras n rice cooker. Biasanya mereka makan lagi di hotel.
Di lobby halle 4 juga ada bazzar. Ada souvenir2 atau partitur2. Gw beli 2 partitur, trus urunan ama Alfie n Lilis beli souvenir buat Kurie.

Habis makan kita ke daerah marktplaz buat friendship concert. Btw di jalan gw nemu toilet koin.
Jadi lu kudu masukin koin dulu sebanyak 50 sen baru pintunya kebuka. Kebayang ga sih kalo ternyata pake timer, n ketika waktunya udah habis lu belon selesai buang air....srek...pintunya kebuka (huahahahaha). Kalo di CO Center sih tiap hall punya ruangan wc umum yang guede. Ada kali berapa puluh bilik wc didalemnya. Waktu pertama kali gw pipis di wcnya (pas UCP scenic folklore) lagi sepi banget...n gw takut banget, sendirian diruang segede n sesepi itu. Tapi paper towel n tissuenya memadai kok n bersih n terawat di wc CO center itu. Ntah yah kalo di wc koin itu. Yg pasti sih...bau!

Sekitar jam 4 kita friendship concert. Bawainnya lagu2 daerah ama lagu Indonesia. Bentar aja kok, paling cuman 4 lagu: kerraben sape, janger, bengawan solo, sin sin sibatumanikam (kalo ga salah). Udah itu kita jalan2 sekitaran sana lagi nunggu makan malem di CO Center.Gw sendiri sempet beli souvenir di salah satu toko di Schnoor yang namanya Presentique. Gw beli pajangan mejanya Bremer Stadtmusikanten

BTW Otong ama Bie dateng ke Bremen menemui kita :D. Mreka nebeng di hotel dan tidak terdeteksi bo! Bahkan ikut sarapan besoknya.


Habis makan malem kita balik ke hotel naek bis. Tentu saja terlebih dulu harus berjalan menyusuri parkiran CO Center dan Hauptbahnhof laknat itu (kasar banget yak :D, tapi emang jauh banget sih jalannya). Ini dia suasana bis dari Kattenturm-Mitte mau ke Bogward. Liat deh betapa terangnya, padahal itu sekitar jam setengah sepuluh malem lho....


dan kembalilah kita ke tempat tidur....:D (yang ada fotonya lilis doank hihi :D)

No comments: