Pages

November 2, 2020

November Journaling Prompts 02 - Gelap

Write about darkness.

Akhirnya saya memutuskan untuk menulis topik di awal setiap postingan. Lebih agar saya tetap fokus di topik tersebut saat menulis, juga supaya yang membaca mengerti lebih jauh mengenai postingannya.

Berbicara tentang kegelapan, sebagai anak IPA ingin rasanya langsung mengutarakan kalau kegelapan itu adalah keadaan saat tidak adanya cahaya. Tapi tentu saja bukan itu maksud topiknya.

Untuk saya punya gelap punya arti yang bermacam-macam. Tergantung lokasinya, tergantung situasinya. Kegelapan di rumah saya rasakan sebagai suatu momen berhenti, untuk bergerak lebih lambat dan menikmati lebih penuh. Kegelapan di tempat yang familiar untuk saya, begitu juga rasanya. Ini berlaku juga untuk mood. Saat saya familiar dengan mood gelap yang sedang terjadi, itu cuma titik tolak saja untuk saya naik lagi.

Di tempat yang saya tidak familiar, kegelapan menimbulkan kecemasan karena saya tidak tahu apa yang sedang terjadi. Kadang saya paksakan berani untuk bereksplorasi. Kadang saya hanya akan terdiam menunggu.

Yang sama dari semuanya adalah, kegelapan membuat saya merasakan indra yang lainnya lebih tajam mengambil alih.

No comments: