Pages

November 13, 2020

November Journaling Prompts 13 - Menjadi Diri Sendiri

What’s the biggest difference that we can make in this world?

Well, menurut saya perbedaan terbesar yang bisa dilakukan di dunia ini adalah menjadi diri sendiri. Dengan teknologi internet yang kemajuannya cepat dan paparan media sosial, sering banget saya mendapati teman-teman yang ikut-ikutan postingannya jadi seperti orang lain atau insecure melihat postingan-postingan orang lain karena merasa tidak sesempurna orang yang mengepost itu.

Santai... saya juga masih suka insecure kok. Bahkan kemarin pagi saya insecure melihat postingan hasil masak teman saya yang di siang harinya menghubungi saya karena dia insecure melihat keproduktivitasan teman yang lain dalam bekerja.

Memang, susah sekali untuk tidak insecure dengan paparan dan pameran yang demikian banyak di media kita sekarang.  Untungnya saya beberapa hari lalu mendapatkan suatu mantra dari instagram @iniami ... yang bilang "Kalau orang lain bisa, kenapa aku harus?"

So far tiap merasa insecure saya selalu mengulangi mantra itu dan menjadi lebih tenang. Bedanya apa? Bedanya saya jadi lebih aware akan yang saya suka, yang saya bisa, yang saya kuat, dan jadi fokus bekerja dengan itu, bukan jadi sibuk membandingkan diri dengan orang lain lalu meratap.

Bayangkan kalau itu dilakukan oleh semua orang di dunia ini....

No comments: