Pages

November 14, 2020

November Journaling Prompts 14 - Manusia

What is the best and the worst thing about being human?

Ini pertanyaan sulit sekali ya. Saya sampai tidak tahu harus bilang apa. Untuk saya mungkin yang paling oke dari menjadi seorang manusia itu adalah merasakan makanan yang dimasak dan mengeksplorasi rasa. Cuma manusia yang punya ini. 

Baru saja tadi saya menonton kembali seri Cooked dari Netflix, episode yang pertama tentang Fire. Seorang antropolog menyimpulkan bahwa memasak memang proses alami manusia. Memakan makanan yang dimasak adalah natur dari manusia dan manusia berevolusi secara fisiologis untuk memakan makanan yang dimasak.

Sayangnya manusia sekarang ini di satu sisi over-consumptive sedangkan di sisi yang lain banyak yang berkekurangan. Kalau saja semua mengkonsumsi sesuatu dengan cukup, tidak berlebihan, maka tidak akan ada yang namanya eksploitasi besar-besaran baik dari segi energi maupun lahan untuk pangan juga peternakan yang tidak respectful terhadap alam.

Hal itulah yang menurut saya the worst thing about being human. That human is greed, serakah dan angkuh. Keangkuhan yang memancing keserakahan dan membuatnya tambah angkuh lagi.

Sayang sekali ya....

No comments: