Pages

November 5, 2020

November Journaling Prompts 05 - Mengapresiasi Film Dokumenter

What have been your favourite television shows this year?

Tahun ini memang sangat berbeda ya. Dengan beraktivitas di rumah saja, saya jadi punya kesempatan banyak untuk menonton televisi... hal yang jarang sekali sempat saya lakukan jika saya sedang bekerja dahulu. Baru kali ini pula saya memiliki televisi digital dilengkapi dengan berbagai aplikasi menonton yang bisa dinikmati saat tersambung dengan internet.

Tontonan saya sepanjang tahun ini kemudian berkisar seputar film-film dokumenter yang ada di Youtube. Dari kanal Channel News Asia, Deutsche Welle, Great Big Story (yang sekarang sudah berhenti beroperasi dan menerbitkan tayangan baru), sampai yang akhir-akhir ini sering saya tonton adalah NHK Jepang.

Semua dokumenter yang saya tonton tersebut membawa kabar yang lebih dalam dari sekedar berita singkat, memberikan pemahaman lebih akan latar belakang peristiwa, juga budaya yang ada dari pelaku dalam cerita tersebut. Terus terang saya suka sekali. Menonton dokumenter bagai mengkompensasi waktu yang harus dihabiskan berpergian, bertemu orang-orang setempat dan berinteraksi dengan untuk menambah pemahaman tentang mereka. Tentu saja mengalaminya langsung pasti akan sangat berbeda.

Jadi kalau ditanya tayangan televisi apa yang jadi favorit saya... mungkin tidak secara spesifik hanya ke satu judul tayangan, tapi genrenya kira-kira seperti yang saya ceritakan sebelumnya.



 

No comments: