Pages

October 6, 2020

Journal 06 - Hari yang Sempurna

Sebelum pandemi hari sempurna saya biasanya melibatkan rencana-rencana yang berjalan dengan lancar, baik itu dalam mengajar, rapat, atau mengerjakan pekerjaan lainnya. Hari yang sempurna juga biasanya melibatkan perbincangan akrab dengan teman-teman tersayang dipenuhi dengan tawa-tawa dan mungkin sedikit pesan moral untuk dibawa pulang. Tak perlu banyak...toh dulu sudah menghabiskan waktu beberapa tahun belajar Pendidikan Moral Pancasila.

Saat pandemi ini hari sempurna saya biasanya melibatkan bangun di waktu yang cukup untuk membersihkan rumah sebelum anak saya bangun dan masih ada sisa waktu untuk membuka-buka laptop, posting ini itu di instagram, atau sekedar komentar di beberapa postingan teman. Hari yang sempurna ini akan berlanjut jika anak saya pecicilan secukupnya. Tidak terlalu heboh sehingga mamanya jadi olahraga ekstra. Hari yang sempurna akan berlanjut jika anak saya lagi bagus mood makannya. Lapar sesuai jadwalnya, tidur siang sesuai jadwalnya (dengan durasi selama mungkin tentu saja), sehingga lagi-lagi mamanya bisa punya waktu yang lumayan cukup untuk merapikan file dan dokumentasi lainnya di komputer sambil rerun serial-serial kesayangan. Hari yang sempurna juga akan berlanjut saat sore hari bisa putar-putar naik sepeda bersama anak dan papanya.

Sungguhlah hari yang sempurna untuk saya saat pandemi ini sesuai dengan pepatah: manusia hanya bisa berencana, bayi juga yang menentukan.

No comments: