Pages

October 17, 2020

Journal 17 - A Bit of This and a Bit of That

Hari ini waktunya menulis jurnal mengenai keahlian spesifik (unique set of skills) dan kepribadian (personality traits) saya. Lagi-lagi saya bingung. Hal pertama yang saya lakukan setelah membaca topik tersebut adalah bertanya kepada Mbah Google: "Mbah, unique set of skills and personality traits itu contohnya apa tho?" Berbeda dengan jawaban langsungnya beberapa hari lalu saat saya bertanya mengenai list of skills, kali ini Mbah tidak serta merta menjawab.

Setelah beberapa waktu, belasan kali klik dan kedipan mata, ketidak tahuan saya hanya berkurang sedikit sekali. Apa ya yang unik yang saya bisa? Sejujurnya saya rasa apa yang saya bisa semua orang juga bisa. Mungkin kombinasinya yang membuat jadi berbeda. Kesukaan saya akan banyak hal, keingintahuan saya, kemauan belajar, dan keberanian untuk mencoba yang baru membuat kombinasi yang cukup palu gada (apa yang lu mau gua ada) walau kadar masing-masing skill-nya tidak sedalam itu. 

Sebagai seorang lulusan profesi apoteker dan magister sains manajemen, saya pernah mengajar, belajar, mengutak-atik komputer maupun peralatan elektronik lain, mengumpulkan bungkus mie instan, membaca buku, menulis artikel ilmiah dan populer, menjadi MC atau moderator, membuat press release, mengorganize event, desainer dadakan untuk membuat banner atau backdrop atau keperluan event lainnya, angkat-angkat kursi, merapikan kabel, mengatur flow, mengisi voice over, wedding singer, choir singer, jadi bendahara atau sekretaris atau admin, asisten untuk riset atau konsultansi, dan yang akhir-akhir ini mulai saya lakukan adalah menyunting video untuk youtube. Perintilan yang banyak ya. Yang pasti kesemuanya adalah hal-hal yang saya sukai.

Yang belum pernah saya lakukan justru adalah berpraktik sebagai seorang... apoteker 😆.

2 comments:

Renov - renovrainbow.com said...

Mungkin suatu saat bisa mencoba profesi Apoteker :)

Btw Mama ku apoteker dulunya.

qnoi said...

Judul postingan ini seperti... tagline blog gue... #salahfokus

Mungkin lu perlu baca buku judulnya Range dari David Epstein. Recommended!