Pages

October 11, 2020

Journal 11 - Menjadi Lebih Baik

Ada satu orang yang memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap cara pandang saya akan suatu kejadian atau seseorang. Beliau saya kenal saat saya mengambil studi S2. Beliau yang mengejawantahkan slogan-slogan semacam "a heart is better than all heads in the world" atau "orang kaya itu udah banyak, orang baik masih kurang" dengan sangat nyata. 

Memberikan bantuan dan pertolongan, baik materi maupun sekedar meminjamkan telinga, beliau lakukan. Saat melihat warung yang ramai, beliau akan makan di warung sepi sebelah warung ramai tersebut. "Beda sekali dong raut wajah yang jualannya" cerita beliau. Saat ada peminta-minta atau pengamen datang, beliau tidak pernah tidak memberi. "Mau dipake apa kek duitnya udah bukan urusan gua, udah urusan Tuhan itu sih" itu prinsipnya. Menolong sesama adalah kebahagiannya. Dari beliau saya belajar bagaimana menjadi orang (yang mudah-mudahan) baik sebenarnya.

Topik jurnal hari ini meminta saya untuk menuliskan apa yang saya ingin orang katakan tentang saya jika saya tidak ada. Tidak, saya tidak ingin orang-orang mengatakan kalau saya orang yang baik, karena saya masih jauh dari itu. Dengan segala kekurangan saya, saya ingin sekali ada percikan di hati teman-teman yang lain untuk menjadi lebih baik dalam menolong. Percikan yang saya pantikkan. Dan itulah yang saya ingin orang katakan tentang saya jika saya tidak ada...bahwa saya memantikkan percikan kecil di hati teman-teman saya untuk berbuat baik dan menolong yang lainnya.

No comments: