Pages

October 8, 2020

Journal 08 - Fulfilled and Satisfied

Pertanyaan jurnal untuk hari ini sungguhlah membuat dahi berkerut, lalu berpikir keras, apa ya yang membuat saya merasa fulfilled dan satisfied? Bukankah banyak hal yang bisa membuat saya merasakan kedua hal tersebut. Contohnya: ada waktu senggang lalu dipakai ngobrol seru dengan teman (fulfilled) dan kalau obrolannya sangat berkesan sampai ada "pesan moral" yang bisa saya bawa...maka obrolan ini akan menjadi sesuatu ya satisfied

Waktu mengajar, ketika bisa memberikan materi dengan baik dengan durasi yang baik, disitu ada sesuatu yang fulfilled, dan ketika kelas/presentasi diakhiri tidak hanya dengan "terima kasih" tapi juga tepuk tangan atau gelak tawa, saya pun merasa satisfied. Saat mengerjakan event di hari pelaksanaan, saat semua berjalan lancar dan sesuai rencana, tentu saya merasa fulfilled. Ketika peserta sampai mau bersusah payah menyampaikan apresiasi...saya merasa satisfied. Bahkan ketika menulis seperti ini, saya akan merasa fulfilled jika target harian telah dicapai dan jika saya mendapatkan feedback yang bagus mengenai tulisan saya tersebut, saya akan mearasa satisfied.

Banyak sekali hal-hal yang menyenangkan buat saya dan ketika saya dapat melakukannya sesuai target saya akan merasa fulfilled. Perasaan satisfied ternyata ada saat saya menerima feedback dari orang lain karena itu berarti ada yang mengapresisasi apa yang saya lakukan.

No comments: