Pages

October 22, 2020

Journal 22 - Values

Family
Freedom
Security
Loyalty
Intelligence
Connection
Creativity
Humanity
Success
Respect

Itu adalah hasil 10 teratas dari list of values saya googling hari ini. Dari 10 value tersebut, mungkin yang paling dekat dengan saya adalah family (untuk suami dan anak saya), freedom, dan humanity.

Kalau boleh diurut, yang paling pertama saya rasa adalah freedom. Saya orang yang suka dan hormat akan aturan karena itu membuat batasan supaya orang tidak seenaknya, saya juga menghargai kebebasan dan fleksibilitas. Prinsip saya, kita harus memahami aturan yang ada supaya kita bisa fleksibel bermain dengannya. Sedari dulu juga saya tipikal orang yang tidak bisa terlalu terikat dengan jam kerja, tapi saya bisa saja bekerja lebih dari durasi yang ditentukan. Karenanya yang saya butuhkan adalah fleksibilitas. Kebebasan melakukan segala sesuatu dengan cara saya dan dengan bertanggung jawab.

Anak dan suami saya merupakan hal lainnya lagi yang menjadi sangat penting dalam hidup saya. Saya tidak pernah mengira bahwa saya bisa mengesampingkan hal-hal yang dulu menjadi prioritas saya dan tergantikan oleh mereka. Walau demikian saya tahu dari dulu kalau saya akan punya kemampuan itu jika memang bertemu orang yang tepat.

Humanity ini terbangun dalam dekade terakhir ini. Mulai dari seseorang yang saya ceritakan di Journal 11, dilanjutkan dengan beberapa kesempatan untuk belajar lebih mengenai manusia dan keragamannya. Dari kesempatan-kesempatan ini saya belajar untuk menghormati yang berbeda dan membela yang tersakiti karena perbedaan tersebut.

No comments: